Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog Kita

Senin, 24 Oktober 2011

Saya menulis artikel ini berangkat dari kekaguman saya terhadap para pemilik blog yang Traffic-nya s angat tinggi bahkan mencapai ratusan ribu pengunjung. Jadi bukan karena saya ahli atau semacamnya, hanya karena saya ingin belajar saja. Dari browsing dan mencari dari berbagai sumber, cara-cara berikut paling banyak digunakan untuk meningkatkan traffic kunjungan ke blog kita:

1.       Berkomentar
berkunjung ke blog orang lain yang satu tema dengan blog kita, untuk kemudian berkomentar dan meninggalkan URL di dalamnya adalah salah satu cara meningkatan traffic blog kita. Loh kok bisa? Logikanya jika dalam satu hari kita berkomentar di sepuluh blog maka dalam sebulan kita telah berkomentar di 300 blog. Andaikan 50% saja dari pengunjung melakukan kunjungan balik maka akan terjadi interaksi berkelanjutan dan akan terasa efeknya pada blog kita.

2.       Bertukar Link
Disini kita saling memasang link dengan pemilik web blog lain. Jadi, kita harus sering-sering blogwalking dan meminta pemilik blog lain memasang link kita. Demikian pula sebaliknya.
Jadi, kita saling “mengiklankan” blog orang lain.

3.       JejaringSosial
Kekuatan facebook, Friendster, dan sejenisnya sungguh besar untuk menjaring pengunjung dan ini saya rasakan sendiri tentang banyaknya friend penulis yang melakukan cara ini dalam jejaring sosial mereka.  Jejaring social digunakan untuk memposting sebagian isi artikel dan pada postingan ini di arahkan pada artikel utuh di blog kita.

4.       Forum Posting
Bergabung dengan forum-forum diskusi sesuai minat kita semisal Google groups atau Yahoo Groups, untuk kemudian mencantumkan link blog kitapada forum tersebut.

5.       Social bookmarking
Dengan mendaftar pada situs-situs social bookmarking, maka merekaakanmenyimpan blog anda pada kategori yang disediakan
Contohnya:
Technorati.com
Dig.com
Reddit.com
Tailrank.com
Atau dengan mendaftar di OnlyWire.com kita akan terdaftar di setiap bookmarking. Untuk target yang terfokus pengunjung dalam negeri, bisa dicoba lintasberita.com.

6.       Free Download
Sertakan dalam blog fasilitas free download baik komik, music, film, aplikasi, game dsb. Semakin bermutu dan banyak dicari, semakin banyak pengunjung blog.

7.       Buat artikel gratis
Buat artikel gratis, dalam artian bebas dilihat dan di-copas orang lain, baik itu dalam hal politik, ekonomi, computer, agama dsb. Lalu taruh artikel tersebut di situs penulisan artikel seperti goarticles.com  atau EzineArticles.com. Sebaiknya berbahasa inggris karena akan dilihat setiap orang di dunia dan jangan lupa sertakan link blog kita.

8.       Link Popularity
Jika ada pemilik situs memasang link di blog kita dan ternyata situs tersebut memiliki traffic yang tinggi, maka mesin pencari seperti googleatau Yahoo akanmenganggap web blog kita populer dan bermutu. Tidak mesti situs perusahaan besar, paling tidak kita bisa bertukar link dengan blog bertraffic tinggi.

9.       Iklan baris gratis untuk mempromosikan blog

10.   Pay-per-click
Metode ini jika digunakan dengan tepat dapat meningkatkan traffic ke blog dan memberikan hasil yang cepat. Satu hal kekurangannya ialah ia tidak gratis alias berbayar. Bagi anda yang berminat, silahka ncoba: Clixsense.com, donkeymails.com, atau ppcindo.com


4 komentar:

Anonim mengatakan...

nambahin aja kakaaaaak.
daftarkan di mesin search engine, emang agak lama efeknya, tapi kalo dah sering nulis maka search engine bakal ngebaca blog anda...
-newbie gan-

Sholehudin Adi Nugroho mengatakan...

wokee. sipp masbro!

Yusuf Abdurrohman mengatakan...

udah berapa poin yg dilakukan kak Sholeh?

Sholehudin Adi Nugroho mengatakan...

4 point bung, komen, tukaran link, milis, ama jejaring sosial. lumayan naik juga...

Posting Komentar