Menulis Huruf Arab pada Ms. Word

Rabu, 09 November 2011

Well, artikel ini saya tulis bermula dari rasa heran saya ketika ada seorang akhwat, sebut saja begitu, mengomentari status saya dengan tulisan arab (pegon).  Ternyata tulisan Arab tersebut ditulis terlebih dahulu di Microsoft word dan kemudian di-copas ke status saya . Kemudian, saya yang gaptek ini berpikir, bagaimanakah menulis huruf arab di Word? Tidak menutup kemungkinan saya di masa mendatang diserahi tugas mengetik dalil-dalil atau firman Allah di dalam word. Selidik punya selidik beginilah caranya (bagi anda yang ber-OS Windows 7)

1. masuk ke control panel (start> control panel)

2. Setelah masuk, cari dan klik  Clock, Language, and Region


3. Klik Region and Language



4.Pilih Keyboards and Languages, kemudian klik Change Keyboards

5. klik add


6.Pilih yang Arabic. Ada berbagai macam type huruf Arab sesuai kebutuhan. Lalu Ok.

7. Setelah itu, saatnya mencoba di Microsoft Word!.
Yang perlu diperhatikan adalah:
a. susunan huruf arab
b. Untuk berpindah dari mode tulisan Latin ke Tulisan arab, tekan Alt + Shift. Demikian   pula sebaliknya
c. Pemberian atribut pada huruf arab dengan memakai Shift+……, misal anda ingin memberikan atribut  fathah  ( / ), setelah huruf arab ditulis, selanjutnya tekan Shift+Q bersamaan.
 
Yah, begitulah kira-kira caranya. Setting semacam ini juga berlaku untuk huruf Jepang, China, Russia, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar